Minggu, 24 April 2016

Asal Mula 12 Dewa Titan

Asal Mula Dewa Titan



Di dalam kepercayaan mitologi Yunani dikisahkan bahwa sebelum adanya para Dewa dan Dewi Olympus para Dewa Titan lah yang lebih dahulu ada dan berkuasa. Telah dilukiskan oleh Hesiodus dalam karyanya (Theogoni ) bahwa para Dewa Titan ini muncul begitu saja, dan menurutnya awal dari kisah para dewa karena adanya keadaan yang dinamakan dengan Chaos ( Keadaan yang menggambarkan kekacau-balauan ). Menurut Hesiodus, inilah yang merupakan keadaan awal dari alam semesta sebelum akhirnya muncul para Dewa dan Dewi yang merupakan legenda paling awal dalam mitologi Yunani.

Dewa Uranus

The Abyss, Gaia, Eros, dan Erebus adalah Dewa yang pertama kali muncul akibat dari kekacauan alam semesta ini. Hesiodus menceritakan bahwa setelah Gaia muncul, ia pun berhubungan dengan Uranus ( langit ) dan kemudian ia melahirkan 6 Titan laki-laki ( Coeus, Krios, Kronos, Hyperion, Lapetus, dan Oceanus ) serta 6 Titan perempuan ( Mnemosyne, Phoebe, Rhea, Theia, Themis, dan Tethys ) yang menjadi penguasa bumi sebelum masa Dewa dan Dewi Olympus. Kronos yang merupakan titan yang paling terakhir mempunyai sifat yang cukup buruk dan nakal, sehingga Gaia dan Uranus pun memutuskan bahwa tidak boleh ada Titan lagi yang terlahir setelah Kronos. Akhirnya anak-anak Gaia dan Uranus yang lahir setelahnya adalah para Kiklops ( raksasa bermata satu ) dan para Hekatonkheire ( raksasa bertangan seratus ).

Pemberontakan Gaia
Namun karena memiliki rupa yang buruk dan menyeramkan akhirnya Uranus pun memutuskan untuk mengurung para Kiklops dan para Hekatonkheire. Tindakan Uranus ini membuat Gaia marah dan akhirnya mengajak para Titan yang lain untuk memberontak melawan Uranus. Kronos yang merupakan Titan yang paling bungsu sekaligus yang paling cerdik dan licik pun melaksanakan perintah Gaia tersebut dan kemudian dia memotong alat kelamin Uranus. Setelah Uranus kalah, Kronos pun menunjukkan kelicikannya dan kemudian dia mengambil alih kekuasaan ayahnya tersebut dan menikahi Rhea serta menjadikan Titan yang lainnya sebagai anak buahnya. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star