Minggu, 17 April 2016

Pengertian Mitologi

Mitologi



Mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Istilah mitologi sendiri telah digunakan sejak abad ke-15, berasal dari bahasa Yunani (mythología ) yang terdiri dari dua kata yaitu mýthos yang berarti kisah atau legenda dan lógos yang berarti penuturan. Menurut pakar nya, mitologi tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi lainnya dan juga mitologi berbeda dari agama namun tidak dapat menutupi beberapa aspek. Sehingga mitologi mempunyai ciri dramatisasi dan lebih merupakan bentuk sastra.

Mahluk mitologi sendiri sering disebut juga mahluk mitos atau mahluk khayalan yang tidak nyata. Orang yang pertama kali memperkenalkan mitos adalah Plato yang merupakan seorang filsuf dan matematika Yunani. Pengertian mitos sendiri tidak jauh berbeda dengan mitologi yaitu mahluk yang mengisahkan tentang cerita dimasa lampau yang mengandung penafsiran tentang alam semesta beserta segala mahluk yang berada didalamnya.

Kemunculan mahluk mitologi atau mahluk mitos ini sampai sekarang masih dipertanyakan kebenaran, karena masih banyak yang menganggap bahwa itu hanya merupakan hasil rekayasa semata. Tapi banyak orang yang juga yang mempercayai kebenarannya. Mahluk mitologi biasanya erat kaitannya dengan keberadaan dewa-dewi, zodiak, serta mahluk-mahluk yang mempunyai wujud serta bentuk yang unik yang tidak diketahui keberadaannya. Namun apapun kepercayaan tentang keberadaan mahluk mitologi tersebut, itu semua tergantung dengan kepercayaan masing-masing. Berikut contoh gambarnya :


Dewa - Dewi Yunani

Zodiak

Pegasus (kuda terbang)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star