Selasa, 26 April 2016

Kekalahan Kronos

Kekalahan Kronos


Gambar Kronos
 Setelah Kronos menjadi penguasa dan telah menikahi Rhea yang merupakan salah satu saudara perempuannya, ia takut kalau anaknya nanti akan mengulingkan tahta nya seperti yang sudah ia lakukan terhadap ayanhnya ( Uranus ). Oleh sebab itu maka setiap Rhea melahirkan seorang bayi, Kronos pun akan langsung menelan bayi tersebut. Begitu seterusnya hingga lama-kelamaan Rhea pun mulai membenci Kronos. Suatu ketika saat Rhea telah melahirkan, ia mencoba untuk menipu Kronos dengan membungkus sebuah batu menggunakan kain. Kronos yang mengira bahwa batu tersebut adalah anak yang dilahirkan Rhea pun langsung menelan batu tersebut tanpa mengetahui bahwa bayi yang asli sudah berhasil disembunyikan oleh Rhea dan bayi tersebut pun dinamakan Zeus.


Zeus Menjadi Dewa Para Dewa
Setelah Zeus dewasa ia berhasil memperdayai Kronos untuk meminum semacam ramuan, yang membuat Kronos memuntahkan anak-anak nya yang sebelumnya pernah ditelannya serta sebuah batu yang sebelumnya ia kira adalah Zeus. Setelah itu Zeus pun menyatakan perang terhadap Kronos untuk memperebutkan tahta kepemimpinan para dewa. Akhirnya dengan bantuan dari para Kiklops dan Hikatonkheire yang berhasil dibebaskan oleh Zeus dan juga melalui Titanomakhia ( perang titan ) selama 10 tahun. Zeus pun akhirnya menang dan menduduki tahta kekuasaan ( menjadi dewa segala dewa ) sementara itu Kronos yang sudah berhasil dikalahkan itu pun dibuang ke Tartarus ( neraka ) begitupun pula dengan para Titan pria yang lain, kecuali Atlas yang mendapat hukuman khusus yaitu dia harus memikul langit.

Orang Yunani sendiri memikirkan mengenai sebuah sajak yang menganggap bahwa Theogoni ( cerita kelahiran para dewa ) sebagai genre puitis mythos prototipikal dan menghubungkan banyak kekuasaan didalamnya. Orfeus yang merupakan seorang penyair arketipal dan juga seorang penyanyi arketipal theogonia menggunakan sajak-sajak theogonia untuk menenangkan lautan dan badai, juga untuk menggerakkan hati keras milik para dewa dunia bawah dalam perjalanannya ke dunia bawah. Namun informasi mengenai kepercayaan dan ritus keagamaan memang sedikit, dan setelah kepercayaan religius yang menghilang hanya ada sedikit orang yang masih mengetahui ritual dan ritus tersebut. Akan tetapi kiasan dalam ritus-ritus tersebut terkadang muncul pada aspek-aspek yang cukup umum.


Contoh Peninggalan Sejarah Yunani
Para kosmolog filsafat dari masa awal pun banyak yang bereaksi atau kadang membangun pandangan di atas konsepsi mitos terkenal yang sudah ada di dunia Yunani untuk beberapa waktu tertentu. Beberapa konsepsi yang terkenal ini terdapat dalam sajak-sajak Homeros dan Hesiodos. Dalam karya-karya Homeros bumi adalah piringan datar yang terapung di samudera luas yang disebut Okeanos. Celahan alami yang ada di bumi pun sudah secara terkenal dianggap sebagai jalan masuk ke dunia bawah, yang merupakan sebuah tempat berdiamnya para arwah yang dipimpin oleh dewa Hades

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star