Sabtu, 30 April 2016

Penguasa Olympus ( Part 1 )


Penguasa Olympus


Setelah Kronos kalah Zeus pun akhirnya menjadi pemimpin dari para dewa, kemudian ia pun melakukan sebuah undian untuk menentukan tempat kekuasaan. Hasilnya Zeus memperoleh kekuasaan atas langit, Poseidon mendapat bagian atas kekuasaan lautan, dan Hades mendapat kekuasaan atas dunia bawah, sedangkan bumi diatur oleh semua dewa dan dewi. Berikut adalah nama-nama para penguasa Olympus  :

1. Zeus
Zeus dikenal sebagai raja para dewa didalam mitologi Yunani, dia juga dikenal sebagai penguasa atas langit dan petir. Zeus merupakan anak dari Kronos dan Rhea dan ia merupakan yang paling muda diantara para saudaranya. Setelah menjadi raja para dewa Zeus pun menikah dengan saudara perempuannya yaitu Hera ( dewi pernikahan ) dari pernikahannya dengan Hera tersebut ia mempunyai beberapa anak yaitu Ares, Hebe, Hefaistos, Eileithiia, dan Eris. Selain dengan Hera, Zeus juga terkenal mempunyai hubungan dengan banyak wanita lain dan mempunyai banyak anak. Anak-anak Zeus diluar pernikahannya dengan Hera antara lain adalah Athena, Apollo, dan Artemis, Hermes, Persefon, Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, serta Mousai. Simbol dari Zeus adalah petir, elang, banteng, dan pohon ek. 


2. Hera
Hera dikenal sebagai dewi pernikahan dalam mitologi Yunani, dia merupakan kakak perempuan sekaligus istri dari Zeus.
Hera sering digambarkan sebagai seorang dewi yang cantik dan penuh dengan keagungan serta hikmat dan juga memegang sebuah tongkat berujung lotus, ia juga sering dimahkotai dengan polos ( sebuah mahkota berbentuk lingkaran yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi besar ). Hera juga dikenal akan sifat pencemburu dan pendendamnya terutama kepada anak dan selingkuhan Zeus. Simbol dari Hera adalah tongkat lotus, merak, kakaktua, sapi, dan buah delima.

3. Poseidon
Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, serta danau. Ia mempunyai sebuah senjata yang dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia  yang berupa sebuah trisula yang mampu menyebabkan banjir dan juga gempa bumi. Selain trisula, Poseidon juga mempunyai sebuah kendaraan yang ditarik oleh Hippokampos ( mahluk setengah kuda setengah ikan ). Ia mempunyai seorang istri yang bernama dewi Amfitrit dan mempunyai anak bernama Triton. Poseidon juga merupakan dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya untuk merayu Demeter. Dalam Odyssey, Poseidon mempunyai istana di Aegae ( tempat ia menyimpan kudanya yang bersurai emas ). Namun meskipun ia tinggal di dalam lautan, ia tetap sering hadir dalam pertemuan para dewa di Olympus. Di dalam seni klasik, dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat sambil memegang sebuah trisula. Simbol dari Poseidon adalah trisula, lumba-lumba, dan juga kuda.

         
4. Ares
Ares dikenal sebagai dewa perang didalam mitologi Yunani, dia merupakan anak dari Zeus dan juga Hera, namun Ares tidak disukai oleh kedua orangtuanya. Ares mempunyai dua orang pengawal utama yang bernama Fobos dan Deimos. Ares mempunyai sifat yang cukup buruk, yaitu dia sangat menyukai peperangan dan seperti haus akan darah ( berdarah dingin ) serta dia juga merupakan sebuah perwujudan dari pembunuhan. Diantara para dewa dan dewi yang lainnya pun Ares merupakan yang paling tidak dapat dipercaya, dan dia juga pernah berselingkuh dengan dewi Afrodit namun setelah perselingkuhannya terungkap dia pergi ke tempat bangsa Trakia ( bangsa barbar yang suka berperang ). Sebagai seorang dewa perang Ares malah sering kali kalah dalam pertarungan, dewi Athena juga pernah beberapa kali mengalahkan Ares. Pada suatu hari ketika Ares sedang beristirahat setelah kembali dari sebuah peperangan, Hera mengizinkan Kratos untuk membunuh Ares dan sekaligus menggantikan kedudukan Ares sebagai dewa perang. Kratos sendiri pada awalnya hanyalah manusia biasa yang dikaruniai oleh dewa Apollo dengan kekuatan dan kegagahan yang melebihi manusia lainnya. Ares sendiri berkuasa atas alat-alat perang, pemberontakan, penjarahan, serta penyerangan dan pertahanan kota. Lambang dari Ares adalah burung hering, anjing, dan juga ular berbisa. 

Patung Zeus
Patung Hera


Patung Ares
Patung Poseidon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star