Selasa, 19 April 2016

Sejarah Mitologi Yunani

Mitologi Yunani


Mitologi Yunani merupakan gabungan atau kumpulan dari zaman Yunani Kuno yang biasanya berisi tentang kehidupan dewa-dewi Yunani Kuno atau praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani Kuno sendiri merupakan bagian dari agama di Yunani Kuno. Secara eksplisit mitologi Yunani terdapat dalam kumpulan cerita serta karya seni Yunani Kuno, seperti misalnya terdapat dalam lukisan di vas atau benda-benda lainnya yang digunakan untuk ritual-ritual kepada para dewa. 

Pada awalnya mitologi Yunani disebarluaskan melalui lisan yang kebanyakan mengisahkan tentang kehidupan para dewa, pahlawan, serta mahluk mitologi lainnya. Namun sekarang sebagian besar informasi mengenai mitologi Yunani didapat melalui sastra Yunani. Kebanyakan wujud dari dewa atau dewi Yunani digambarkan seperti manusia biasa yang dilahirkan namun tidak akan pernah tua, terkadang bisa tidak terlihat, kebal terhadap apapun, serta mempunyai suatu karakteristik sendiri. Oleh sebab itu para dewa atau dewi biasanya mempunyai nama julukan atau gelar sendiri untuk setiap karakternya, yang bahkan bisa lebih dari satu. 

Dewa atau dewi ini terkadang suka membantu para manusia dan ada beberapa yang bahkan menjalin hubungan cinta dengan para manusia tersebut dan akhirnya mempunyai anak yang merupakan manusia setengah dewa, anak-anak inilah yang kemudian dikenal sebagai seorang pahlawan. Telah banyak penemuan-penemuan arkeologi yang menunjukkan beberapa sumber penting yang berkaitan dengan mitologi Yunani, yaitu di saat para dewa-dewi serta para pahlawan bermunculan di dalam dekorasi pada berbagai macam artefak. Sebagai contoh terdapat desain geometris pada tembikar dari abad ke-8 Sebelum Masehi, yang menggambarkan adegan-adegan dari siklus Troya selain daripada petualangan Herakles. Dan pada zaman-zaman yang masih berkaitan yaitu pada periode Arkais, Klasik, serta Hellenistik muncullah berbagai macam sumber sumber mitologi Yunani seperti dari Homeros, dan akhirnya sumber-sumber itupun menambah berbagai macam bukti yang sudah ada sebelumnya. 


Artefak Pemujaan Dewa Matahari

Artefak tentang Dewi Athena










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star