Rabu, 04 Mei 2016

Penguasa Olympus ( Part 2 )


5. Hermes
Hermes adalah dewa pembawa pesan dalam mitologi Yunani. Dikisahkan bahwa Hermes dilahirkan di Gunung Kellina di Arkadia, Hermes merupakan anak dari Zeus dan Maia ( salah satu dewa Olympus ). Hermes diceritakan sebagai dewa pelindung daerah perbatasan, gembala, pencuri, penipu, pidato, pengelana, olahraga, pengukuran, penemuan, perdagangan, puisi dan juga sastra. Dalam mitologi Romawi, Hermes dikenal sebagai Merkurius ( dewa perdagangan yang diadaptasi dari mitologi Etruska ). Hermes juga dikenal sebagai dewa yang membantu pera roh untuk menemukan jalan menuju dunia bawah ( tempat Hades berkuasa ). Hermes juga merupakan salah satu dewa yang bebas keluar-masuk menuju dunia bawah tanpa halangan selain Hades, Persefone, Hekate, dan Thanatos. Simbol dari Hermes adalah kura-kura, sandal bersayap, topi bersayap, ayam jantan, dan kadukeus ( sebuah tongkat yang dia dapat dari Apollo atas penemuan Lira ). 

6. Hefaistos
Hefaistos adalah dewa teknologi, pandai besi, pemahat, pengrajin, logam, metalurgi, api, dan juga gunung berapi dalam mitologi Yunani. Sedangkan dalam mitologi Romawi dia lebih dikenal sebagai Vulkanus.
Hefaistos sendiri merupakan anak dari Zeus dan Hera. Dia merupakan satu-satunya dewa yang mempunyai fisik kurang sempurna ( pincang ), namun dia merupakan dewa yang sangat ahli dalam pembuatan berbagai alat dan senjata yang sangat berguna bagi para dewa yang lainnya. Tapi karena kekurangannya inilah Zeus dan Hera merasa jijik kepadanya dan membuangnya dari gunung Olympus, Hefaistos yang merasa sakit hati pun akhirnya merencanakan balas dendam. Kemudian dia pun membuat sebuah singgasana yang ketika diduduki Hera akan membuatnya langsung terjebak dan tidak bisa melepaskan diri. Para dewa yang lain pun memohon kepada Hefaistos untuk kembali ke Olympus namun Hefaistos menolaknya. Dionisos akhirnya berhasil membuat Hefaistos mabuk dan membawanya kembali ke Olympus dengan bagal. Hefaistos pun akhirnya melepaskan Hera setelah dia dinikahkan dengan Afrodit. Hefaistos disembah di semua tempat industri dan juga manufaktur di Yunani terutama di kota Athena. Dia mempunyai sebuah bengkel dan pusat pemujaannya terletak di pulau Lemnos. Simbol dari Hefaistos adalah palu, landasan besi, dan juga penjepit.

7. Afrodit
Afrodit adalah dewi kecantikan, cinta, dan juga seksualitas dalam mitologi Yunani. Sedangkan dalam mitologi Romawi disebut sebagai Venus. Kelahiran dewi Afrodit sendiri masih merupakan sebuah misteri, ada banyak versi yang menceritakan asal mula dewi Afrodit, namun ada 2 buah versi cerita yang paling populer. Versi pertama mengisahkan bahwa Afrodit merupakan anak dari Zeus dan Dione, namun banyak yang meragukan kebenaran kisah ini. Sedangkan versi kedua mengisahkan bahwa Afrodit dilahirkan dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh Kronos ( pada saat terjadi pemberontakan terhadap Uranus ) dan kemudian dilemparkan ke laut. Alat kelamin itupun ditutupi oleh buih laut dan dari buih-buih laut itulah kemudian dewi Afrodit muncul, versi kedua ini didasarkan kepada Theogonia karya Hesiodos.
Namun karena kecantikannya yang luar biasa, para dewa takut bahwa nantinya Afrodit akan menimbulkan banyak perpecahan diantara para dewa, karena itulah Zeus pun akhirnya memutuskan untuk menikahkan Afrodit dengan Hefaistos. Namun selain dengan Hefaistos, dewi Afrodit dikabarkan mempunyai banyak kekasih lainnya, baik dari kalangan para dewa maupun dari golongan manusia. Diantara para kekasih Afrodit, Ares lah yang paling terkenal sebagai salah satu kekasihnya yang berasal dari golongan dewa, sedangkan Ankhises  merupakan kekasihnya dari golongan manusia. Dewi Afrodit sendiri merupakan seorang tokoh penting didalam legenda Eros dan Psikhe, Afrodit juga merupakan ibu angkat sekaligus kekasih dari Adonis. Ada banyak dewa minor dan juga manusia yang disebut-sebut sebagai anak dari Afrodit, namun diantara itu ada seorang putra Afrodit yang paling terkenal yaitu Eros ( cupid ) atau yang sering dikenal sebagai dewa asmara. Simbol dari Afrodit adalah kulit kerang, burung dara, apel, dan rangkaian murad.

8. Athena
Athena atau yang juga disebut sebagai Pallas Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, dan strategi dalam mitologi Yunani. Dia juga dikenal sebagai dewi yang sering menolong para pahlawan. Athena merupakan anak dari Zeus dan Metis ( dewi pemikiran dan kepandaian yang terkenal dengan kebijaksanaannya ), banyak yang mengatakan bahwa Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tidak pernah digambarkan sebagai seorang anak kecil, serta menurut legenda Athena merupakan putri kesayangan dari Zeus. Athena diberkahi dengan kekuatan ayahnya serta kepandaian dan kebijaksanaan ibunya.
 Namun dalam legenda lain Pallas dianggap sebagai ayah dari Athena sehingga Athena pun sering mendapat gelar Pallas Athena, tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa alasan gelar Pallas Athena tersebut karena dewi Athena telah berhasil membunuh Pallas dalam perang dewa melawan titan sehingga ia pun diberi gelar tersebut. Ia juga pernah mengubah Medusa yang sebelumnya adalah seorang gadis cantik menjadi seorang monster berambut ular. Lalu dikemudian hari Perseus berhasil memenggal kepala Medusa dan memberikannya kepada Athena, yang kemudian dipasangnya kepala Medusa tersebut pada perisainya atau pada Aigis. Athena sendiri tidak memiliki suami ataupun kekasih sehingga ia sering dijuluki sebagai parthenos ( perawan ), dikisahkan bahwa dulu Hefaistos pernah mencoba untuk memperkosannya namun gagal. Simbol dari Athena adalah Aigis, burung hantu, dan pohon Zaitun. 

Patung Hermes

Patung Hefaistos

Patung Afrodit
Patung Athena





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star