Jumat, 13 Mei 2016

Penguasa Olympus ( Part 3 )



9. Apollo

Apollo adalah dewa matahari, musik, pemanah, cahaya, dan juga penyair dalam mitologi Yunani maupun mitologi Romawi dan dalam mitologi Etruska ia dekenal sebagai Apullu. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto sekaligus merupakan saudara kembar dari Artemis. Diceritakan bahwa ia mempunyai busur yang terbuat dari emas. Penyembuhan dan pengobatan juga dikaitkan padanya atau pada anaknya yakni Asklepios ( dewa pengobatan ), hal ini dikarenakan Apollo dipandang sebagai dewa yang membawa kesehatan. Sebagai dewa musik Apollo juga merupakan pemimpin dari para Muse ( dewi musik dan nyanyian ). Hermes pernh menciptakan lira  untuk Apollo dan alat musik itupun menjadi sebuah atribut penting bagi Apollo. Pada masa Yunani kuno ( terutama pada abad ke-3 SM ) dia dikaitkan dengan Helios ( dewa matahari ) dan saudari kembarnya Artemis dikaitkan dengan Selene ( dewi bulan ). Apollo sering digambarkan sebagai sosok lelaki tampan yang mempunyai rambut yang panjang dan juga membawa benda-benda seperti busur, lira, dan burung gagak. Ia juga sering digambarkan sebagai dewa musik yang sering memainkan kecapi emas. Apollo juga mempunyai sebuah Orakel di Delphi yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh banyak orang di dunia yang dipercaya agar dapat mengetahui mengenai masa depan mereka, himne yang dinyanyikan untuk Apollo disebut paian. Simbol dari Apollo adalah pohon salam, lumba-lumba, dan burung gagak.


10. Artemis

Artemis adalah dewi perburuan, hewan liar, alam liar, perbukitan, dan perawan dalam mitologi Yunani, namun didalam mitologi Romawi ia dikenal dengan sebagai Diana, sedagkan didalam mitologi Etruska ia dikenal sebagai Artume.
Ia merupakan anak dari  Zeus dan Leto sekaligus merupakan saudara kembar dari Apollo. Artemis merupakan dewi pembawa dan penghalau penyakit bagi perempuan dan juga merupakan dewi yang menolong pada saat proses melahirkan. Dikisahkan bahwa pada waktu itu Leto harus melahirkan di sebuah pulau yang belum pernah disentuh oleh matahari karena ia dikutuk oleh Hera yang murka kerena perselingkuhan Zeus dengan Leto. Zeus pun akhirnya mengangkat sebuah pulau dari dasar laut yang belum pernah tersentuh oleh sinar matahari ( pulau Ortygia ) dan kemudian Leto pun melahirkan di pulau tersebut. Artemis lahir lebih dulu yaitu pada bulan keenam, kemudian ia membantu ibunya melahirkan Apollo yang lahir pada bulan ketujuh, mungkin karena alasan inilah banyak orang beranggapan alasan mengapa Artemis dikenal sebagai dewi yang membantu dalam proses melahirkan. Menurut beberapa pendapat Artemis berasal dari masa pra-Yunani, dan pada perkembangan selanjutnya Artemis dihubungkan dengan Selene ( dewi bulan Yunani yang sering digambarkan dengan bulan sabit diatas kepalanya ). Simbol dari Artemis adalah rusa dan pohon siprus.


11. Demeter

Demeter adalah dewi pertanian dan juga kesuburan dalam mitologi Yunani dalam mitologi Romawi ia lebih dikenal dengan nama Ceres. Ia merupakan anak dari Kronos dan Rhea. Setelah lahir ia langsung ditelan oleh Kronos, begitu pula dengan saudara-saudaranya yang lain, sampai kemudian Zeus menyelamatkan mereka.   Dikisahkan bahwa dewi Demeter dapat mengendalikan panen, kesuburan tanah, musim ( dilambangkan dengan horai ), dan juga gandum. Demeter juga merupakan dewi yang dipercayai mengajari manusia dalam bercocok tanam sehingga manusia manusia yang sebelumnya hidup dengan cara berburu dan meramu beralih menjadi bercocok tanam. Demeter mempunyai seorang anak bernama Persefone yang kemudian menjadi istri Hades. Demeter juga digambarkan mengenakan polos, mahkota berbentuk lingkaran yang dikenakan oleh para dewi. Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone tinggal bersama Hades, Demeter bersedih dan bumi mengalami musim dingin. Sementara ketika Persefone tinggal bersama Demeter, Demeter berbahagia dan saat itulah terjadi musim semi. Demeter dan Persefone merupakan tokoh atau figur utama dalam sebuah kelompok pemujaan rahasia ( misteri Eleusis ). Demeter sering digambarkan sebagai sosok dewi yang mengenakan sebuah mahkota polos, yaitu sebuah mahkota berbentuk lingkaran yang hanya digunakan oleh para dewi-dewi besar. Simbol dari Demeter adalah rambutnya sendiri yang melambangkan bulir-bulir gandum.


12. Hestia

Hestia merupakan dewi keluarga, pelindung rumah, dan juga perapian dalam mitologi Yunani dan dalam mitologi Romawi dia dikenal sebagai Vesta yang merupakan dewi yang juga melambangkan perapian. Ia merupakan anak tertua dari Kronos dan Rhea.
Hestia selalu menerima persembahan pertama dalam setiap ritual didalam sebuah rumah tangga. Sebuah orakel di Delphi awalnya merupakan tempat suci bagi Hestia sebelum kemudian diambil alih oleh Apollo. Walaupun tidak banyak informasi mengenai Hestia dalam mitologi ataupun sastra kuno tetapi Hestia tetap merupakan seorang dewi yang pentig didalam kebudayaan Yunani dan juga Romawi kuno. Hestia sendiri sering digambarkan sebagai seorang perempuan sederhana yang berkerudung dan duduk di sebuah singgasana kayu polos dengan bantal wol putih. Simbol dari Hestia adalah tungku perapian yang sekaligus menjadi tempat suci untuknya.


Patung Demeter
Patung Hestia

Patung Artemis











Patung Apollo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Handwriting - Smiley Star